Breaking News

Minggu, 17 September 2017

3 Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Usia 1-4 Bulan

Agen Sabung Ayam - Proses atau cara merawat anak ayam bangkok mulai dari usia 1 sampai 4 bulan ternyata memberikan pengaruh terhadap kualitas ayam bangkok pada masa dewasanya. Banyak yang tidak memerhatikan dengan baik bagaimana cara perawatan yang baik dan tepat untuk anak ayam bangkok usia 1 sampai 4 bulan.


Anak ayam bangkok berkualitas tidak hanya bisa didapatkan dari proses latihan dan perawatan, tetapi juga dari bibit unggul atau anakan yang memang sudah berkualitas.

Berikut 3 cara merawat anak ayam bangkok untuk pertumbuhan pesat dan kualitas anak ayam yang baik.
  1. Pemisahan dari Induk Ayam
    Ketika telur ayam sudah menetas, biasanya induk ayam akan menemani dan menghangatkan anak-anaknya. Proses ini sebaiknya dilakukan sampai anak ayam bangkok berusia beberapa hari saja. Anak ayam yang sudah berusia beberapa hari tersebut dipisahkan dari induknya dan ditempatkan di kandang boks tersendiri. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pertumbuhan dari anak ayam bisa jauh lebih pesat jika dibandingkan dibesarkan oleh induknya.
    Mengapa? Anak-anak ayam yang tinggal di boks terpisah, asupan makanan, minuman, dan vitaminnya bisa dikontrol oleh sang pemilik sehingga pertumbuhannya menjadi lebih cepat.
  2. Pemberian Pakan Kaya Protein dan Karbohidrat.
    Umumnya saat anak ayam berusia 1 sampai 4 bulan, pakan utama yang diberikan adalah voer. Tetapi selain itu, pemilik ayam juga bisa memberikan vitamin dan pakan tambahan lainnya agar gizi yang masuk menjadi lebih seimbang. Pakan yang diberikan kepada anak-anak ayam bangkok tersebut juga harus kaya protein dan karbohidrat. Pakan dengan protein yang tinggi sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan otot, pembangun tubuh, dan pertumbuhan daging.
    Selain kaya protein, pakan yang diberikan juga harus kaya karbohidrat. Pakan yang mengandung karbohidrat tinggi bermanfaat untuk menjaga stamina ayam, membuat tubuh anak ayam bangkok menjadi lincah dan aktif, memiliki ketahanan tubuh yang baik, memiliki tenaga yang kuat, daya tahan terhadap penyakitnya tinggi, badan anak ayam bangkok lebih kuat dan kekar.
  3. Kandang Anak Ayam Bangkok 1-3 Bulan
    Terdapat dua jenis kandang yang umum digunakan untuk anak ayam bangkok usia 1 sampai 3 bulan yaitu kandang postal dan kandang boks. Untuk kandang anak ayam biasanya diberikan bohlam yang berfungsi sebagai pemanas pada malam hari sehingga anak-anak ayam tetap merasa hangat. 
    Pembuatan kandang ayam idealnya menggunakan kayu yang sifatnya lebih tahan lama jika dibandingkan dengan menggunakan bambu atau triplek. Tetapi pemilihan bahan tersebut bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki.
    Bagian dindingnya bisa dibuat dari kawat ram sehingga sirkulasi udara tetap terjaga dan bagian bawah kandangnya bisa menggunakan bambu atau kayu broti yang diberikan lubang sehingga kotoran ayam bisa keluar dan tidak menumpuk di dalam kandang. 

Itulah tiga cara merawat anak ayam bangkok dari usia 1 sampai 4 bulan yang akan berpengaruh terhadap kualitas dan pertumbuhan di masa dewasanya. Selamat mencoba!


Designed By Published.. Blogger Templates