Breaking News

Selasa, 26 September 2017

Mengatasi Indukan Ayam Bangkok yang Enggan Bertelur

Sabung Ayam OnlineKondisi indukan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan budidaya ayam Bangkok. Karena itu setiap peternak pasti berharap bahwa indukan yang dipeliharanya mampu bertelur sebanyak mungkin. Untuk mengatasi indukan ayam Bangkok yang enggan bertelur, ada beberapa teknik atau cara yang dapat dilakukan.

  • Mandul
    Perlu diketahui lebih dulu, indukan ayam Bangkok mulai mampu melakukan reproduksi saat usianya menginjak sekitar 7 hingga 8 bulan. Namun kadangkala ada suatu masalah yang bisa membuat indukan tersebut jadi kurang produktif dan tidak mampu menghasilkan telur.
    Misalnya karena indukan tersebut bersifat mandul. Jadi meski sudah berulangkali melakukan perkawinan dengan jantan namun tidak pernah ada telur yang dihasilkan. Untuk itu tidak ada pilihan lain kecuali dengan menggantinya dengan indukan yang baru.
  • Makanan
    Gangguan kesehatan atau kurang gizi dan vitamin juga sering menimbulkan efek kurang baik terhadap indukan ayam Bangkok. Untuk menghadapi masalah seperti ini, maka jalan terbaik yang dapat ditempuh tentu saja dengan memberinya asupan gizi, vitamin serta nutrisi dengan jumlah yang mencukupi.
    Indukan ayam Bangkok yang keadaannya sehat selalu ditandai dengan warna kulit yang cerah dan tidak pucat terutama pada bagian muka. Bagian muka tersebut biasanya berwarna merah segar. Selain itu saat berjalan dan bergerak terlihat lincah dan sering mengeluarkan suara dari paruhnya. Paruh tersebut bahkan lebih sering terlihat membuka daripada menutup.
    Beberapa jenis makanan yang sangat bagus untuk mengatasi indukan ayam Bangkok yang enggan bertelur antara lain adalah kol, sawi dan sayuran lainnya. Agar kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi dapat menggunakan takaran pakan ayam dari pabrikan sebanyak 100 gram lalu dicampur bekatul sekitar 200 gram. Setelah itu ditambah 100 gram nasi, kemudian disatukan dengan air bersih.
  • Stres
    Kondisi berikutnya yang membuat indukan ayam Bangkok tidak bisa bertelur secara optimal yaitu karena stres. Agar situasi ini dapat diatasi dengan baik, kandang dan sarang harus dibuat senyaman mungkin dan diletakan di tempat yang tidak kena pancaran cahaya matahari secara langsung. Demikian pula dengan sirkulasi udaranya, diusahakan agar bisa berjalan lancar.
    Sarang untuk indukan ayam Bangkok bisa dibuat dari kotak kayu lalu diberi alas jerami. Jika tidak ada jerami, boleh diganti dengan kain katun yang dipotong kecil-kecil. Tujuannya agar indukan ayam Bangkok agar selalu merasa nyaman saat ingin bertelur. Selain itu juga untuk menjaga agar telurnya tidak pecah.
  • Mental yang Rendah
    Mental rendah seringkali dialami oleh indukan ayam Bangkok yang masih perawan atau baru pertamakali akan bertelur. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kekalahan mereka saat harus bersaing dengan indukan atau babon lain yang usianya lebih dewasa.
    Untuk mengatasi indukan ayam Bangkok yang enggan bertelur karena kasus seperti ini, maka jalan terbaiknya adalah memisahkan indukan baru tersebut dari indukan dewasa. Ketika sudah terpisah, maka tidak ada lagi saingan sehingga mereka indukan baru tersebut bisa lebih bebas berdekatan dan melakukan perkawinan dengan pejantan.
Secara umum, telur ayam bangkok itu terdiri dari 3 macam bentuk. Pertama adalah bulat dan agak lonjong, kedua bulat tapi lebih lonjong dan yang ketiga bulat besar. Lalu bagaimanakah cara memilih bibit ayam bangkok menurut bentuk telurnya.


Designed By Published.. Blogger Templates